Saturday 8 June 2013

Cara Membersihkan Noda pada Sofa

Noda pada kain kerap kali terjadi karena kita terlambat atau salah dalam membersihkannya. Menghilangkan noda sebaiknya dilakukan secepat mungkin setelah tumpahan/ cairan ada di permukaan kain. bersihkan noda atau cairan tersebut secara lembut dan jangan ditekan karena akan menyebabkan noda tersebut semakin terserap atau kain menjadi terlalu basah. Hal ini bisa menyebabkan timbulnya noda lain (noda air) dan bahkan bisa merusak serat/ benag pada kain.

Berikut beberapa panduan membersihkan noda pada kain yang dibedakan dari jenis penyebab noda 

Noda yang tidak mengandung minyak

Sebagai contoh noda yang tidak mengandung minyak adalah noda akibat tumpahan dari berbagai jenis minuman seperti jus buah, teh, susu, es krim dll.

Gunakan air hangat dan  sabun cair, campurkan hingga menjadi larutan dengan komposisi air : sabun cair = 1 : 0.25. Oleskan larutan tersebut pada noda yang ada dan ratakan dengan lembut kemudian keringkan dengan lap yang bersih dengan cara ditepuk-tepuk secara perlahan-lahan. Setelah itu gunakan air dingin untuk membersihkan sisa larutan air sabun tersebut dan keringkan dengan menggunakan hair dryer dimulai dari tengah noda untuk menghindari terbentuknys bekas melingkar (pulau).

Noda yang mengandung lemak & minyak

Untuk noda yang mengandung minyak yang mungki terjadi dari tumpahan masakan atau  permen, kosmetik, tinta, darah dll.sebaiknya pembersihannya dengan menggunakan bahan dry cleaning, jikalau memungkinkan bisa dibersihkan keseluruhan area-nya, jika tidak setelah sisa gumpalan dibersihkan dengan menggunakan campuran air hangat dan deterjen cair. Pastikan ketika membersihkan (yang dioleskan) adalah larutan baru yang bersih agar noda tidak kembali mengotori kain.

Untuk noda tinta pertama kali yang harus dilakukan adalah melembabkan noda dengan mengoleskan gliserin. Diamkan selama kurang lebih 10 menit kemudian oleskan sedikit deterjen cair dan sikat dengan lembut. Kemudian bilas dengan air dengan cara ditepuk-tepuk menggunakan lap atau spons dan keringkan secepatnya.



Note:
  • Sebaiknya lap/ jika yang digunakan untuk membersihkan adalah berwarna putih.
  • Patikan lap/ handuk yang digunakan tidak mempunyai sifat luntur
  • Jika menggunakan spons gunakan spons dry cleaning, biasanya berdaya serap besar lebih dari spons pada umumnya sehingga teksturnya lebih padat. Tujuannya adalah tidak menimbulkan noda baru saat digunakan untuk menyerap sisa air atau deterjen
Selamat mencoba :) 

No comments:

Post a Comment