Sunday 2 December 2012

Padu Padan Warna untuk Interior

Kesalahan dalam memilih warna untuk cat dinding ataupun finishing lain pada hunian maupun public space seringkali membuat nilai tampilan tersebut berkurang.
Berikut ada beberapa dasar padu padan warna yang bisa diterapkan sesuai dengan kesan yang ingin kita tampilkan & aplikasinya

KEKONTRASAN WARNA
Kontras yang paling kuat terjadi di antara dua warna yang saling berseberangan/ berlawanan di dalam Lingkaran Warna. Warna-warna ini biasa juga disebut sebagai komplementer (warna-warna yang saling mengisi, atau satu sama lain memiliki intensitas yang sama kuat terhadap tangkapan mata jika ditampilkan bersama-sama).

 
Kontras Warna

Warna kontras tersebut cocok digunakan sebagai variasi pada ruangan untuk anak dan tempat-tempat umum seperti toko/ pusat perbelanjaan. Ini dikarenakan warna kontras adalah warna yang menarik perhatian.

 WARNA HARMONI/LARAS
Yang disebut dengan warna-warna harmoni adalah yang dalam Lingkaran Warna keduanya berada dalam urutan terdekat. Misalnya warna kuning-orange dengan kuning, atau kuning dengan kuning-hijau.



Harmoni Warna

Warna harmoni biasa diterapkan pada ruang yang membutuhkan kenyamanan lebih misalnya kamar tidur, ruang home theatre. Warna harmoni membuat pandangan orang lebih rileks dan berfokus pada tujuan/ fungsi ruang tersebut.

No comments:

Post a Comment