Sunday 2 December 2012

Menghitung kebutuhan APAR

MENGHITUNG KEBUTUHAN APAR
BERDASARKAN LUAS RUANGAN / AREA

Untuk menghitung jumlah kebutuhan Tabung Alat Pemadam Api Ringan (APAR) yang akan kita aplikasikan pada area dengan luas area tertentu, kita bisa mengikuti acuan dari National Fire Protection Association (NFPA), NFPA 10 : Standard for Portable Fire Extinguishers. Dalam standarisasi tersebut, menjelaskan bagaimana meng-estimasi kebutuhan Fire Extinguisher Chubb atau merek lainnya, dan posisi/peletakan tabung APAR, serta pemeliharaannya.

Disamping itu, pemerintah kita juga telah menetapkan suatu aturan sejenis. Suatu aturan yang lebih dominan untuk  men-standarisasi-kan, guna mencegah dan mengantisipasi gejala terjadinya kebakaran yang lebih besar di Indonesia. Adalah Peraturan dari Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, tentang Syarat-syarat Pemasangan dan Pemeliharaan Alat Pemadam Api Ringan.


Tabung Alat Pemadam Api Ringan, sebaiknya diletakkan di tiap-tiap area yang disekitarnya terdapat barang-barang yang bernilai dan yang memang pada area tersebut juga berpotensi kebakaran. Jadi apa salahnya jika setiap area di lingkungan Anda, semua disediakan Tabung Alat Pemadam Api Ringan Chubb, sebagai proteksi dini dari bahaya kebakaran. Tetapi walaupun begitu, sesuai peraturan dari Dinas Pemadam Kebakaran, peletakan tiap-tiap tabung Alat Pemadam Api Ringan (APAR) Chubb, disesuaikan pada luasan area ataupun ruangan yang akan dicover.


Perkantoran / Koridor / Aula
Misalnya seperti untuk setiap luas ruang 200 M2, harus disediakan 1 unit tabung Alat Pemadam Api Ringan; Tabung Pemadam Kebakaran; APAR Chubb type ABC Dry Chemical Powder atau Multipurpose Dry Chemical Powder, berkapasitas 6 Kg. Dengan jarak per-tiap unit, interval 20 meter. Ini berlaku untuk ruangan terbuka/ruangan terusan, misalnya seperti koridor atau aula.

Ruangan berpartisi / Ruang Kantor / Kamar Tidur
Untuk ruangan berpartisi, seperti ruangan kantor, kamar tidur atau semacamnya, direkomendasikan untuk menyediakan 1 unit tabung Alat Pemadam Api Ringan; Tabung Pemadam Kebakaran; APAR Chubb type ABC Dry Chemical Powder atau Multipurpose Dry Chemical Powder, berkapasitas 3 Kg.

Ruang Elektrikal / Genset / Panel Listrik
Selanjutnya beralih ke ruangan/area Mekanikal & Elektrical. Untuk area berskala kecil, cukup menyediakan 1 unit tabung Alat Pemadam Api Ringan; Tabung Pemadam Kebakaran; APAR Chubb type ABC Dry Chemical Powder atau Multipurpose Dry Chemical Powder, berkapasitas 4 Kg dan  1 unit tabung Alat Pemadam Api Ringan; Tabung Pemadam Kebakaran; APAR Chubb type Carbon Dioxide CO2, berkapasitas 6,8 Kg.

Industri / Area Produksi / Gardu Listrik
Ruangan seperti ini, sangat berpotensi besar untuk terjadinya kebakaran. Jika dilihat dari sisi pengoperasiannya, aktifitas arus listrik dan panas yang terus menerus, sangat berpotensi besar untuk terjadinya kebakaran. Mengantisipasi hal tersebut, memang sudah seharusnya untuk menyedi- akan sarana pencegahan dini dari bahaya kebakaran. Kami rekomendasikan untuk menggunakan setidaknya 1 unit Chubb Fire Extinguisher type ABC Dry Chemical Powder berkapasitas 9 Kg, 1 unit Fire Extinguisher Trolley Wheeled type ABC Dry Chemical Powder berkapasitas 50 Kg, dan 1 unit  Chubb Fire Extinguisher Trolley Wheeled type Carbon Dioxide (CO2) berkapasitas 9 Kg.

Selain itu perlu juga untuk diperhatikan masalah peletakan setiap tabung Alat Pemadam Api Ringan Chubb tersebut.

1.  Disetiap unit tabung Alat Pemadam Api Ringan APAR, hendaklah diberi label berupa stiker yang mudah terlihat dan terbaca.
2.  Diletakkan di setiap akses pintu keluar, akses turun pintu tangga darurat atau ditempat yang dianggap setrategis, mudah untuk dijangkau dalam waktu yang efisien.
3.  Peletakan hanya untuk setiap area yang memiliki potensi kebakaran.
4.  Jika tabung digantung di dinding menggunakan bracket, jarak ketinggian ideal dari lantai adalah 120cm.


sumber: CHUBB

No comments:

Post a Comment