Thursday 23 May 2013

Trend finishing HPL


Maraknya furniture dengan finishing HPL ini mungkin membuat 'penasaran' apa sih HPL itu? Apa keuanggulannya? Sehingga banyak orang yang kini jatuh hati dengan finishing ini. Daripada penasaran mari kita simak ulasan berikut:

HPL atau High Pressure Laminate adalah bahan pelapis yang digunakan sebagai lapisan paling atas (paling depan) furniture kayu. Penggunaannya langsung ditempel ke permukaan kayu. Cara merekatkannya pun hanya dengan menggunakan lem kuning dan kemudian tinggal di tekan (press) ke furniturenya.

Yang perlu diperhatikan dalam proses aplikasi HPL adalah di bagian sudut/ siku furniture. Bisa menggunakan lapisan edging yang juga dijual bebas, atau bisa juga menggunakan HPL tersebut. Satu lagi, karena pada bekas potongan HPL selalu berwarna hitam dan lumayan kasar, maka saya biasanya menutup bekas potongan pada siku tersebut memakai cat yang warnanya semirip mungkin dengan warna di HPL itu.

KEUNGGULAN HPL:
  • Aplikasi finishing HPL tidak memerlukan tukang khusus, cukup tukang kayu saja.
  • Warna dan motif furniture akan sama, tidak berisiko belang-belang seperti jika menggunakan finishing cat duco.
  • Pilihan warna & motif sangat banyak mulai dari motif kayu, warna solid, metalik, hingga motif seperti marmer dan granit.
  • CEPAT -- Pemakaian HPL lebih cepat selesai dibanding dengan finishing dengan menggunakan cat duco atau melamin.
  • Cocok untuk furniture dengan tampilan yang modern dan minimalis dengan budget yang terjangkau

No comments:

Post a Comment